Peran Motivasi Dalam Memediasi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Self-Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa: Studi Pada Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Widya Gama Lumajang Tahun 2024

Ababil, Rega (2025) Peran Motivasi Dalam Memediasi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Self-Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa: Studi Pada Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Widya Gama Lumajang Tahun 2024. Magister thesis, Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang.

[img] PDF
Cover.pdf

Download (25kB)
[img] PDF
Abstrak.pdf

Download (170kB)
[img] PDF
Bab 1.pdf

Download (265kB)
[img] PDF
Bab 2.pdf

Download (406kB)
[img] PDF
Bab 3.pdf

Download (326kB)
[img] PDF
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang (ITB WIGA Lumajang) merupakan kampus terbesar di kabupaten Lumajang dan merupakan kampus yang ikut ambil bagian dalam upaya peningkatan minat berwirausaha pada mahasiswanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran motivasi dalam memediasi pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan antarvariabel. Data diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Langkah analisis data terdiri dari uji instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik, uji sobel dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat berwirausaha. Pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy berpengaruh terhadap motivasi dan motivasi berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Motivasi mampu memediasi hubungan pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan self- efficacy terhadap minat berwirausaha. Implikasi dari penelitian ini yaitu agar pembelajaran kewirausahaan lebih interaktif melalui praktik langsung dan mentoring untuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain seperti sikap, inovasi, dukungan sosial, lingkungan keluarga dan sosial media.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Tesis Program Studi Magister Manajemen
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 23 Sep 2025 09:30
Last Modified: 23 Sep 2025 09:30
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item