Budiwati, Hesti (2017) STRATEGI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP BERBASIS KEUNIKAN LOKAL MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING DI KAWASAN SENDURO LUMAJANG. Indonesia Journal of Entrepreneurship, 3 (1). pp. 1-23. ISSN 2461-1298
|
PDF
IJE VOL 3 2017 - Hesti Budiwati.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
2 Strategi Social Enterpreneurship.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
PDF
PLAGIASI Strategi Social Entrepreneurship Berbasis Keunikan Lokal Membangun Keunggulan Bersaing di Kawasan Senduro Lumajang.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Keunikan lokal yang terdiri dari keunikan alam dan keunikan masyarakat menjadi pendorong tumbuhnya social entrepreneurship di kawasan Senduro Lumajang. Berbeda dengan traditional entrepreneurship, social entrepreneurship lebih berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam menjalankan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan social entrepreneurship di kawasan Senduro Lumajang, (2) menemukan keunggulan bersaing dan (3) memberikan solusi perbaikan terhadap produk dan wisata unggulan berdasarkan persepsi, harapan dan kepentingan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendiskripsikan social entrepreneurship di kawasan Senduro, dan pendekatan Lean Six Sigma untuk menemukan keunggulan bersaing dan solusi perbaikan produk dan wisata unggulan. Responden penelitian ini sebanyak 120 orang masyarakat pengguna produk dan wisata unggulan di kawasan Senduro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social entrepreneurship berbasis keunikan alam mampu mendorong pemberdayaan masyarakat dalam kewirausahaan. Terdapat 4 (empat) produk dan destinasi wisata yang memiliki keunggulan bersaing yaitu produk susu kambing etawa, keripik pisang agung, destinasi wisata alam B29 dan Pura Mandara Giri Semeru Agung. Keunggulan susu kambing etawa terletak pada warna dan rasa yang khas, sedangkan yang menjadi prioritas perbaikan adalah aroma, higienitas dan daya tahan susu. Keunggulan keripik pisang agung terletak pada bentuk, variasi rasa dan kualitas rasa, sedangkan yang menjadi prioritas perbaikan adalah kemasan dan harga. Keunggulan wisata B29 terletak pada keramahan masyarakat, keindahan alam dan peluang berpetualang, sedangkan yang menjadi prioritas perbaikan adalah ketersediaan bantuan medis, fasilitas umum, listrik, air bersih dan jaringan komunikasi. Keunggulan Pura Mandara Giri Semeru Agung terletak pada kebersihan fasilitas umum, keramahan masyarakat sekitar dan keunikan budaya, sedangkan yang menjadi prioritas perbaikan adalah ketersedian menu makanan yang praktis dan higienes, ketersediaan bantuan medis dan ketersediaan listrik, air bersih dan jaringan komunikasi. Kemampuan berinovasi dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat sangat penting untuk dapat memperbaiki prioritas perbaikan yang dihasilkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | ITB WIGA LUMAJANG > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Mr. Hesti Budiwati |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 08:29 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 01:49 |
URI: | http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/234 |
Actions (login required)
View Item |