Kepuasan Pasien Rawat Inap Ditinjau dari Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas di Lumajang

Irdiana, Sukma (2019) Kepuasan Pasien Rawat Inap Ditinjau dari Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas di Lumajang. WIGA : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 9 (1). pp. 26-35. ISSN E-ISSN : 2549-5992, P-ISSN : 2088-0944

[img]
Preview
PDF
Kepuasan Pasien Rawat Inap Ditinjau dari Kualitas Pelayanan, Harga.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
cek plagiasi-Kepuasan pasien Rawat inap ditinjau dari kualitas peklayanan, harga dan fasilitas di lumajang.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Peer review-Kepuasan pasien rawat inap-Sukma Irdiana.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Wijaya Kusuma Lumajang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III pada Rumah Sakit Wijaya Kusuma Lumajang. Sedangkan untuk variabel harga dan variabel fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III pada Rumah Sakit Wijaya Kusuma Lumajang. Dari hasil secara simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan fasilitas tidak berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III pada Rumah Sakit Wijaya Kusuma Lumajang dengan koefisien determinasi (adjusted R2 ) diperoleh sebesar 0,167. Hal ini berarti 16,7% kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu kualitas pelayanan, harga dan fasilitas, sedangkan sisanya yaitu 83,3% kepuasan pasien dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti pengaruh variabel kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien, Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pasien diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya. Kata kunci : kualitas pelayanan, harga, fasilitas, kepuasan pasien.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Mr rouf abdur
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:26
Last Modified: 29 Apr 2021 07:36
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item