PengaruhLaba Bersih dan Laba Aktivitas Operasi Terhadap Koefisien Respon Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2021-2023

Fardani, Mohammad Arfan (2025) PengaruhLaba Bersih dan Laba Aktivitas Operasi Terhadap Koefisien Respon Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2021-2023. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
Cover.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
Abstrak.pdf

Download (304kB)
[img] PDF
Bab 1.pdf

Download (429kB)
[img] PDF
Bab 2.pdf

Download (388kB)
[img] PDF
Bab 3.pdf

Download (363kB)
[img] PDF
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh laba bersih dan laba aktivitas operasi terhadap koefisien respon laba (Earnings Response Coefficient/ ERC) pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2021–2023. Laporan laba rugi yang diterbitkan perusahaan diyakini mengandung informasi penting yang memengaruhi keputusan investor, khususnya melalui informasi laba bersih dan laba aktivitas operasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, dengan total 81 data observasi dari 27 perusahaan selama tiga tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik laba bersih maupun laba aktivitas operasi berpengaruh positif signifikan terhadap koefisien respon laba. Temuan ini mengindikasikan bahwa investor memberikan respons terhadap informasi laba yang mencerminkan kinerja finansial dan operasional perusahaan, sehingga keduanya menjadi indikator penting dalam proses pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi investor, manajemen perusahaan, regulator, dan peneliti selanjutnya dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi respons pasar terhadap informasi laba.

Item Type: Undergraduate Thesis
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Akuntansi > Skripsi Program Studi Akuntansi
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:35
Last Modified: 16 Dec 2025 07:35
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item