STRATEGI PEMASARAN OBYEK WISATA RANU BEDALI DI KABUPATEN LUMAJANG

Putri, Khana Santika (2021) STRATEGI PEMASARAN OBYEK WISATA RANU BEDALI DI KABUPATEN LUMAJANG. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
Cover.pdf

Download (139kB)
[img] PDF
Abstrak_watermark.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
Bab 1_watermark.pdf

Download (635kB)
[img] PDF
Bab 2_watermark.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
Bab 3_watermark.pdf

Download (580kB)
[img] PDF
Bab 4_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Bab 5_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF
Daftar Pustaka_watermark.pdf

Download (341kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri primadona dan potensial di Indonesia karena memiliki alam tropis yang eksotis. Adanya pariwisata akan menjadi pemasukan bagi daerah itu sendiri. Pengembangan objek wisata ini menjadi acunan sebagai sumber penghasilan utama bagian setiap daerah. Oleh karena itu, pemerintahan daerah dan pengelola pariwisata berupaya dalam mengembangkan objek wisata melalui strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Objek Wisata Ranu Bedali Di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jumlah informasn sebanyak lima orang yang ditentukan secara purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data yang diperoleh dengan wawancara yang di analisis menggunakan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk yaitu keberadaan danau, air terjun serta suasan alam yang masi asri. Strategi pemasaran harga sangat terjangkau yaitu 5.000-10.000. Strategi pemasaran tempat akses ke lokasi bisa dijangkau oleh kendaran baik roda dua maupun roda 4 dan berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Strategi pemasaran promosi yaitu online melalui media social, blog, web, facebook, instagram, offline melalui penyebaran banner, baliho dan siaran radio lokal. Strategi pemasaran people atau menggunakan masyarakat lokal yang menguasai medan atau lokasi sehingga mudah dalam memberikan penjelasan mengenai objek wisata. Strategi pemasaran proses dalam menikmati objek wisata sangat mudah hanya dengan satu pintu loket dengan membayar sekali saja. Strategi pemasaran fasilitas Fisik adalah spot untuk foto selfie, mosalla, kamar mandi, warung makan, dan wahan bermain lainnya. Faktor pendukung yaitu sumber daya alam yang masih asri. Sementara factor penghambat yaitu terbatas sumberdaya manusia dan sumberdaya modal guna mengembangkan objek wisata

Item Type: Undergraduate Thesis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: ITB WIGA LUMAJANG > Program Studi Manajemen > Skripsi Program Studi Manajemen
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 01 Apr 2022 01:43
Last Modified: 01 Apr 2022 01:43
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item