PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA SENTRA INDUSTRI TEMPE BAGUSARI DI LUMAJANG

Nugroho, Aprilia Trisna (2021) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA SENTRA INDUSTRI TEMPE BAGUSARI DI LUMAJANG. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
Cover.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
Abstrak_watermark.pdf

Download (148kB)
[img] PDF
Bab 1_watermark.pdf

Download (692kB)
[img] PDF
Bab 2_watermark.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
Bab 3_watermark.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
Bab 4_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Bab 5_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF
Daftar Pustaka_watermark.pdf

Download (454kB)

Abstract

Pemasaran merupakan proses yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan dan memperoleh keuntungan dengan menciptakan dan bertukar produk dengan pihak lain maupun menyalurkan produk atau jasa mulai dari produsen hingga ke tangan konsumen. Demikian maka, pemasaran selalu berorientasi pada bagaimana cara menciptakan barang dan jasa agar dapat memberikan nilai kepuasan konsumen sehingga berminat untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada sentra industri tempe Bagusari di Lumajang. Selanjutnya, untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada sentra industri tempe Bagusari di Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan dari para pelaku sentra industri tempe Bagusari di Lumajang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling yakni accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 44 responden. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kemudian variabel orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing

Item Type: Undergraduate Thesis
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: ITB WIGA LUMAJANG > Program Studi Manajemen > Skripsi Program Studi Manajemen
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:48
Last Modified: 30 Dec 2021 07:48
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item