Komunikasi Pemasaran Pariwisata: Analisis Strategi Promosi Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Wisata Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang)

Lukiana, Ninik (2018) Komunikasi Pemasaran Pariwisata: Analisis Strategi Promosi Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Wisata Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang). PROGRESS Conference, 1 (1). ISSN 2622-3031

[img]
Preview
PDF
03 komunikai pemasaran pariwisata.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
cek plagiasi Komunikasi Pemasaran Pariwisata_ Analisis Strategi Promosi Destinasi Wisata.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review ninik PN3.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi strategi promosi destinasi wisata dan mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat promosi destinasi wisata. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan: in-depth interview, observasi dan dokumentasi, tekhnik purposive sampling yaitu kriteria tertentu sampel sebagai informan penelitian, yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, POKDARWIS dan masyarakat lokal Desa Sumbermujur.Hasil penelitian menunjukkan: 1) implementasi strategi promosi destinasi wisata dilakukan dengan menggunakan media offline (facebook, instagram), spanduk, brosur, majalah dan liputan dari harian lokal, liputan dan media sosial lainnya, 2). faktor pendukung keberhasilan promosi destinasi wisata adalah otensi utama hutan bambu yang layak dijadikan destinasi wisata dan dipromosikan secara lebih luas kepada wisatawan pada saat event budaya, tumbuhan utama di hutan bambu adalah beraneka jenis tanaman bambu yang memiliki fungsi penting untuk kegiatan konservasi lahan menjadi nilai lebih destinasi tersebut dibandingkan yang lain, dan faktor pengahambat kegiatan promosi destinasi wisata adalah keterbatasan sarana dan prasarana penunjang, yaitu terbatasnya pusat informasi di lokasi, rest area, kantin atau food court, sarana ibadah, dan kegiatan personal selling, sales marketing dan direct selling perlu ditingkatkan guna mendukung keberhasilan kegiatan promosi yang dilakukan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: ITB WIGA LUMAJANG > Program Studi Manajemen
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 22 Jul 2020 23:39
Last Modified: 23 Jul 2020 00:53
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item