Khairullah, Mohammad Noor (2018) IDENTIFIKASI TINGKAT EMOSI MAHASISWA SEMESTER GENAP JURUSAN AKUNTANSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROBLEM SOLVING TES SEDERHANA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DAN PENINGKATAN EKONOMI MAHASISWA DI STIE WIDYA GAMA LUMAJANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018. Jurnal Ilmu manajemen Advantage, 2 (2). ISSN E-ISSN : 2597-8888, P-ISSN : 2598-1072
|
PDF
Identifikasi Tingkat Emosi Mahasiswa Semester Genap Jurusan Akuntansi dan Pengaruhnya Terhadap Problem Solving Tes Sederhana Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Peningkatan Ekonomi Mahasiswa di STIE Widya Gama.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review baru.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
Plagiasi dan surat pernyataan.pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Emotional Quotient (EQ) adalah kemampuan memahami perasaan diri sendiri dan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan orang lain, kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. Dalam proses pembelajaran, siswa yang menguasai emosinya menjadi lebih percaya diri, optimis, memiliki semangat dan cita-cita, memiliki kemampuan beradaptasi, serta mereka mampu memahami, menguasai, dan memecahkan permasalahan-permalahan yang ada. Kemampuan memecahkan masalah atau problem solving tidak lepas dari pembelajaran Matematika khususnya dalam bentuk soal cerita. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Identifikasi Tingkat Emosi Mahasiswa Semester Genap Jurusan Akuntansi dan Pengaruhnya Terhadap Problem Solving Tes Sederhana Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di STIE Widya Gama Lumajang Tahun Academic 2017/2018 ada atau tidak ada. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah semua mahasiswa semester genap jurusan Akuntansi STIE Widya Gama Lumajang Tahun Academic 2017/2018, yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dari penelitian ini ada 3 kelas dari 5 kelas yang ada yang terdiri dari 62 mahasiswa. Peneliti menggunakan 2 instrumen yaitu angket dan tes. Analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment. Dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan antara identifikasi tingkat emosi mahasiswa semester genap jurusan akuntansi terhadap kemampuan problem solving pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di STIE Widya Gama Lumajang Tahun Academic 2017/2018, dengan koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,674 lebih besar daripada rtabel, yaitu 0,349. Signifikasi hubungan dengan uji t diperoleh t hitung sebesar 4,996 lebih besar daripada ttabel, yaitu 2,738 dan koefisien determinasinya sebesar 0,45. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh tingkat emosi mahasiswa semester genap jurusan akuntansi terhadap kemampuan problem solving pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di STIE Widya Gama Lumajang Tahun Academic 2017/2018 sebesar 45%. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu: 1) Pendidik seharusnya tahu masalah dan kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran Matematika, serta kecerdasan emosi dari masing-masing mahasiswanya. 2) Orang tua seharusnya memberikan petunjuk dan meningkatkan motivasi anak mereka untuk belajar dan mencoba untuk memecahkan masalah metematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | ITB WIGA LUMAJANG > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Mr. Rouf Abdul |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 08:04 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 06:14 |
URI: | http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/657 |
Actions (login required)
View Item |