PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS SOSIAL DI KABUPATEN LUMAJANG

Maslucha, Luluk (2019) PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS SOSIAL DI KABUPATEN LUMAJANG. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
Abstrak_watermark.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Bab 1_watermark.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Bab 2_watermark.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Bab 3_watermark.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
Bab 4_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Bab 5_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
PDF
Daftar Pustaka_watermark.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Pelayanan adalah tugas utama dari aparatur sebagai pelayan dan abdi masyarakat. Pemerintah berfungsi memberikan pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat baik perseorangan maupun badan hukum yang memiliki hak dan kewajiban dalam pelayanan publik. Tidak hanya melihat dari kualitas pelayanannya saja tetapi juga harus didukung dengan servicescape atau lingkungan fisik yang baik. Masih banyaknya kelemahan suatu pelayanan di instansi pemerintah membuat masyarakat atau pengguna jasa semakin berani dalam mengajukan tuntutan keinginan dan aspirasi kepada pemerintah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dimensi servicescape yang terdiri dari kondisi sekitar, tata letak spasial dan fungsionalitas serta tanda, simbol dan artefak terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial di Kabupaten Lumajang. Populasi dalam penelitian ini seluruh masyarakat yang melakukan pelayanan dan sampel berjumlah 80 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan dimensi servicescape yang terdiri dari kondisi sekitar, tata letak spasial dan fungsionalitas serta tanda, simbol dan artefak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Secara parsial kondisi sekitar dan tata letak spasial dan fungsionalitas tidak berpengaruh signifikan sedangkan tanda, simbol dan artefak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Dengan demikian sebaiknya Dinas Sosial Kabupaten Lumajang lebih meningkatkan servicescape yang sesuai dengan harapan masyarakat yang melakukan pelayanan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: ITB WIGA LUMAJANG > Program Studi Manajemen > Skripsi Program Studi Manajemen
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 20 Dec 2019 10:36
Last Modified: 20 Dec 2019 10:36
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item