PENINGKATAN PEMAHAMAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI KECAMATAN UMBULSARI

Isnaini, Nur Latifa (2021) PENINGKATAN PEMAHAMAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI KECAMATAN UMBULSARI. Project Report. Institut Teknologi Bisnis WIdya Gama Lumajang.

[img] PDF
Pengabdian Maysarakat.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. UMKM mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khususnya dalam sektor ekonomi. Banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19 dalam sektor ekonomi. Masyarakat harus dapat melihat peluang bisnis dengan baik walaupun terjadi pembatasan. Pada asa pandemi dituntut untuk dapat lebih berinovasi dan memanfaatkan kelebihan teknologi yang ada pada saat ini. Jika UMKM yang ada dalam masyarakat tidak mampu melihat peluang, mengikuti pergerakan teknologi terlebih pada masa pandemi secara tidak langsung akan mempengaruhi pendapatan dan juga perkembangan dari UMKM yang dimiliki. Tidak terkecuali pada pelaku UMKM UD Sumber Rejeki di Dusun Purwosari RT. 01 RW. 12 Desa Tanjungsari Kecamatan Umbulsari. Pemahaman terkait digital marketing pada UMKM Kecamatan Umbulsari ini sangat minim. UMKM tersebut bergerak di bidang oalahan kerupuk diaman UMKM tersebut memproduksi, mengemas dan memasarkan kerupuk ke pasar dan reseler. Akan tetapi pembatasan masa pandemi Covid 19 sangat memberikan dampak untuk penurunan permintaan pasar. Terjadinya penurunan permintaan pasar pada masa pandemi Covid 19 mempengaruhi tingkat pendapatan anggota UMKM Kecamatan Umbulsari. Perlunya pemahaman terkait dengan digital marketing menjadi salah satu solusi pada masa pandemi untuk UMKM tetap bertahan dan dapat memasarkan produk olahannya. Maka dari itu dilakukan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dengan (1) Peningkatan pemahaman digital marketing pada UMKM Kecamatan Umbulsari (2) Pemberian dan penjelasan materi terkait tentang digital marketing (3) Pembahasan permasalahan UMKM untuk digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Metode pelaksanaan yaitu melalui diskusi permasalahan, pemberian materi dengan praktek. Sasaran kegiatan ini adalah Sumber Daya Manusia dari UMKM Kecamatan Umbulsari yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman digital marketing dalam memasarkan produk hasil olahan di masa pandemi Covid 19 sehingga menunjang pendapatan dan mengembangan UMKM dengan cakupan pemasaran yang lebih luas. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan untuk untuk memasarkan produk hasil olahan ditengah pandemi melalui digital marketing dengan media sosial yang sering dipakai

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: ITB WIGA LUMAJANG > Program Studi Manajemen
Depositing User: Admin Repo
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:04
Last Modified: 08 Mar 2022 04:04
URI: http://repository.itbwigalumajang.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item